Punya Catatan Minor di Klub Terakhirnya, Ini Penjelasan Michael Essien

Michael Essien menjadi pemain kejutan dalam dunia sepakbola Indonesia setelah ia resmi bergabung ke Persib Bandung. Perjalanan Essien sendiri cukup menarik karena ia pernah bermain untuk klub-klub besar.
Dilansir transfermarkt, Essien mengawali karirnya bersama Liberty Prof (Ghana) dan SC Bastia (Prancis). Setelah itu, ia bergabung dengan Olympique Lyon, Chelsea, menjadi pemain pinjaman di Real Madrid, AC Milan, dan terakhir Panathinaikos.
Karir Essien di Panathinaikos sendiri tidak berjalan mulus. Kontraknya bersama klub raksasa Yunani itu berakhir sebelum masa kontrak. Ia pun istirahat dari dunia sepakbola sejak September 2016.
Sementara masa keemasan Essien terjadi di Chelsea pada 2005-2014. Bersama klub asal London itu, Essien pernah merasakan manisnya gelar juara Liga Inggris dan Liga Champions. Di Chelsea, ia mengoleksi 17 gol dari 168 pertandingan.
Di Real Madrid dan AC Milan, Essien masing-masing mencatatkan 20 penampilan. Bedanya, di Real Madrid ia pernah menciptakan dua gol. Sementara di AC Milan ia tidak pernah mencetak gol.
Perjalanan Essien kemudian memasuki masa suram di Panathinaikos. Ia jadi bagian Panathinaikos sejak 2 Juni 2015. Ia jadi pemain termahal klub dengan gaji 800 ribu Euro per tahun.
Dalam tiga bulan awal, Essien berkutat dengan pemulihan cedera pada kakinya. Ia pun sempat bolak-balik ke skuad utama dan cadangan. Hingga akhirnya, Essien dan Panathinaikos sepakat mengakhiri kerjasama sebelum kontrak berakhir. Total, ia tercatat hanya 12 kali bermain untuk Panathinaikos dalam laga resmi.
Essien sendiri tidak mengungkap alasan kenapa ia hanya mencatatkan 12 kali main di klub terakhirnya. Ia hanya menyebut ada situasi yang membuatnya tidak bisa bermain reguler.
“Ada beberapa situasi di tim sehingga saya tidak tampil banyak. Bukan karena cedera atau hal lain, tapi karena situasi klub. Itu kenapa saya tidak banyak bermain,” kata Essien, Selasa (14/3/2017).
Sementara sebelum resmi bergabung ke Persib, Essien sudah menjalani tes kesehatan. Sejauh ini tidak ada masalah kesehatan atau cedera yang sedang dideritanya.
Bersama Persib, ia berharap bisa memberi kontribusi maksimal. Ia ingin membawa tim menjadi juara di Liga 1 mendatang.
Soal kerasnya kompetisi di Indonesia, ia tidak mempermasalahnya. Jadwal padat dan kompetisi yang panjang juga dipandang sebagai hal biasa.
“Saya sudah sering tampil di kompetisi panjang dan saya ingin membantu semuanya berjalan lancar untuk tim,” tutur Essien yang akan mengenakan nomor punggung 5 di Persib.

wortbildduo.com nomor hongkong Sumber: Okezone